Mikrokontroler AVR ATmega128/64

Kali ini saya ingin berbagi sedikit ilmu tentang mikrokontroler seri AVR, tepatnya ATmega128. Semoga bisa jadi bahan referensi buat ‘micro lovers’ yg lagi laver ilmu (translate: laver = lapar, red). Sebenarnya, saya juga belum lama pake mikrokontroler AVR, pas di kantor diminta merancang KWH meter prabayar pake ATmega128 yang sebelumnya saya rancang pake uPSD3354 (buatan ST micro), nah mulai deh buka-buka buku pemrograman dan googling di internet, sampai akhirnya terciptalah versi AVR dari proyek KWH meter tersebut.

Ok, langsung aja kita kenalan sama micro-nya dimulai dari fitur2 ATmega128.

Fitur ATmega128:

  • Flash 128 kByte, lumayan gede buat nyimpan file objek
  • EEPROM 4 kByte
  • 53 I/O port
  • PWM
  • ADC
  • ISP/JTAG interface programming

Minimum sistem ATmega128:

minimum_atmega128

Download skema rangkaian minimum ATmega128.sch

Minimum sistem di atas dirancang untuk pemrograman ISP (In-System Programming). Selain untuk ATmega128, rangkaian ini bisa juga digunakan untuk ATmega64 karena konfigurasi pin-nya sama.  Khusus untuk MISO dan MOSI ISP tidak menggunakan pin MISO/MOSI yg sudah disediakan pada chip.  Sebagai gantinya, kita gunakan pin PDI sebagai MOSI dan PDO sebagai MISO. Kalau rajin baca datasheet, skema pemrograman ISP persis seperti ini. Nah, coba deh dibikin tuch rangkaiannya, tinggal download aja, gampang kan?

Kabel ISP:

kabel_isp_avr

Software Compiler/Downloader:

Banyak sekali software yg bisa digunakan untuk memprogram mikrokontroler AVR. Skema kabel ISP di atas cocok digunakan jika menggunakan Code Vision AVR atau PonyProg.

code_vision_avr

ponyprog

22 thoughts on “Mikrokontroler AVR ATmega128/64

  1. Permisis mas edi, sy lg tertarik dgn prog.micro controller, sbg pemula apa yg hrs sy pelajari dan d mn membeli componen2 tsb jika kita ingin mencoba praktekan (merakit) sebuah micro controller..mohon panduannya. terima kasih (moses)

    • @moses:
      untuk coba2 belajar, sedikit tips dari saya:
      – anda bisa kunjungi http://www.mytutorialcafe.com atau http://www.8052.com saya juga dulu pertama kali belajar di situs ini.
      – Gak perlu beli development2 board yg mahal2 mending beli protoboard, rakit rangkaian yg ada di website tsb (kalau perlu referensi lain tinggal googling).
      – Beli IC mikrokontroler yg murah, coba seri MCS-51 yaitu AT89S52, harga sekitar Rp 10.000,-
      – Buatlah kabel ISP (In System Programming) spy gak usah membeli downloader board. Skema kabel ISP AT89S dan software compiler & programmer ada di postingan sebelumnya.
      – Pelajari juga bahasa pemrograman untuk mikrokontroller. Kalo saya dulu mulai dengan bahasa assembly, lalu bahasa c. Gak usah pusing2, cukup dasar2nya saja.
      – Mulai deh copy paste code/firmware yg ada di internet. Lalu praktek.. praktek.. dan praktek
      Selamat berlatih!

  2. wah program yang menarik ni mas, tapi boleh nggak mas edi saya ingin buat sebuah rangkaian sederhana tapi ok,copy ic eeprom atau sejenisnya dengan suatu program dimana saya dapat menyimpan file2 dari master ic nya ke dalam hardisk atau dapat saya download di internet untuk masternya dan dapat saya copykan ke ic yang kosong,skemanya bagaimana dan pakai software apa terimakasih sebelumya dan mohon bantuannya

  3. saya sedang mengerjakan tugas akhir yang berhubungan dengan kwh & kvarh meter.
    tolong klo bisa share skema projeknya yang pakai mega128.
    mohon dijelaskan mengenai sensor tegangan, arus, dan zero crossing detector yang digunakan.
    terima kasih

  4. Mas….minta info harga protoboard & spesifikasinya (dimensi) dong, harap maklum sudah 14 tahun meninggalkan dunia elektro.

    Btw, masih ingat jenis2x IC gerbang logika gak ya ?
    minta tolong link download rangkaian IC tsb….klo gak salah seri IC dgn kepala 74XX gitu deh….

    maaf agak menyimpang dari topik

    trim’s

  5. Pingback: Pemrograman LCD Karakter 2×16 Dengan Mikrokontroler AVR « edtronics innovation

  6. mas mau minta tolong kasih tau di mana saya bisa mendapatkan ic atmega128 dan atmel 010 93c48.juga skalian sama ftdi nya
    posisi saya di blitar jawatimur

    trimakasih

    ym wijaya_servis
    email:wijaya_servis@yahoo.co.id

  7. salam kenal k, saya menggunakan DT AVR ATMEGA128 dan ingin mendeteksi gps dengan super mini gps. Apakah ada rangkaian skematiknya saya coba lihat diproteus dilibrary tidak ada,mungkin kk ada saran untuk membuat rangkaian skematiknya? boleh juga kalo ada coding gps yang bisa dishare dengan codevision avr. Thanks…

  8. maaf kalo lancang
    jika sekiranya ada yang butuh IC ATMEGA128 16 AU bisa kontak saya
    atau coba search lapak saya di kaskus
    terimakasih…

  9. aku sbetulnya kepingin banget ilmu elektronika yang seperti mikro kontrolel hanya saja sulit sekali karena ada bahasa esembly apa itu, tolong bagi-bagi informasi

  10. yups saya juga baru kenal dunia micro ini,saya tertarik dengan dunia ini. Kiranya dasar dasar apa yang harus saya kuasai untuk mahir di programer micrikontroler maaas.
    terimakasih atas segala informasi yang anda publis

  11. Mas… Ini kan pakai Software Protel DXP.
    Nah, Yang mau saya tanyakan, library untuk ATMEGA128 dimana ya lokasinya…?
    Soalnya saya sudah cari ga ketemu…
    Makasih… (-:

  12. Mas…mau tanya nih
    bisa ga sih avrcam di terapin untuk sistem monitoring?
    caranya gimana yah?

    banyak tantangannya yah?

Leave a Reply

