Cara Mudah Menguasai Mikrokontroler

“Mikrokontroler”, sebuah kata yang sangat menakutkan bagi saya sewaktu mengajukan judul tugas akhir setahun yang lalu. Soalnya, waktu kuliah Sistem Mikrokontroler dulu, saya cuma dapat nilai C (oon ya..🙂 ), itu pun setelah remedial. Hingga pada semester akhir, tiba saatnya untuk mengajukan judul TA (Tugas Akhir). Tentu saja karena alasan tersebut, pada proposal judul TA  saya, tidak ada kata “mikrokontroler” di dalamnya. Namun, kemudian dosen pembimbing menyarankan untuk menambahkan komponen mikrokontroler pada judul terakhir yang saya ajukan (setelah 3 kali ganti judul). Akhirnya, dengan sangat terpaksa judul TA itu saya bubuhi kata “mikrokontroler”, sebuah kata yang sangat saya hindari. Untuk itu, saya gali semua informasi yang berhubungan dengan “mikrokontroler” di internet. Tidak tanggung-tanggung, saya minta seorang pakar dari LIPI Bandung untuk menjadi pembimbing.

Dengan serius, saya mulai mempelajari dasar-dasar pemrograman assembly melalui situs tutorial di internet. Selain itu, beberapa buku mikrokontroler pun saya lahap. Namun, ternyata saya malah makin bingung dengan segudang teori yang harus saya kuasai. Saya teringat dengan perkataan seorang pakar pendidikan “Dewey” yang saya dengar dari dosen Psikologi Pendidikan saya, beliau mengatakan “Learning by Doing” (belajar sambil melakukan), jadi tidak hanya teori saja yang dipelajari, tapi lebih baik jika disertai praktek. Itulah yang selanjutnya saya lakukan. Berbekal buku panduan, software compiler dan programer, kabel ISP buatan sendiri, dan source code assembly (copy paste di internet), saya mulai praktek, praktek, dan praktek. Saya ingat waktu itu, saya mulai dengan memprogram LCD karakter. Tentu saja, percobaan pertama tidak berhasil sebagaimana mestinya. LCD-nya tetap blank, tidak ada satu pun karakter yang muncul, yang ada hanyalah test screen berupa kotak hitam yang muncul di layar LCD.

test screen LCD

test screen LCD

Setelah ratusan kali trial and error, akhirnya BERHASIL!! Sebuah karakter muncul di layar.

Alhamdulillah.. sejak saat itu, semuanya terasa semakin mudah. Rutin-rutin program yang lain pun makin mudah ditelusuri kesalahannya hingga dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sebuah nasihat yang baik dari pembimbing saya di LIPI, “Buat program sesederhana mungkin! Mulailah secara bertahap, berikan catatan-catatan kecil untuk mempermudah menelusuri kesalahan program!”. Oh iya, saya lupa menyebutkan, source code assembly banyak tersedia di internet, jadi untuk pemula, lebih baik menerapkan teori “ATM”-nya Ustad Abu Yahya, A = Amati, T = Teliti, dan M = Modifikasi. Jangan sekali-kali menelan mentah-mentah souce code orang lain karena dijamin BELUM TENTU BEKERJA di sistem yang kita buat, apalagi jika hardwarenya berbeda, selain itu juga melanggar HAK CIPTA.

Lanjut cerita, selama beberapa bulan “ta’aruf” dengan mikrokontroler, hingga hampir tiap malam begadang akhirnya saya berhasil menyelesaikan TA tersebut. Tidak hanya itu, semua dosen penguji memberikan kesan positif terhadap TA saya dan membubuhkan nilai “A” di ijazah sarjana saya, sebuah nilai yang terlalu sempurna bagi pembenci “mikrokontroler” seperti saya. Hingga akhirnya, bulan april 2008 lalu saya diwisuda, sebulan kemudian saya diterima bekerja sebagai RND di sebuah perusahaan telekomunikasi di Bandung. Alhamdulillah, saat ini setiap hari saya dapat bereksperimen dengan mikrokontroler.🙂

>>Back to Home

7 thoughts on “Cara Mudah Menguasai Mikrokontroler

  1. Pingback: Pemrograman LCD Karakter 2×16 Dengan Mikrokontroler AVR « edtronics innovation

  2. hahahaa… “PASTI ADA HIKMAHNYA” ,kisah yang bisa di katakan lucu… “BENCI TAPI SUKA” … artinya saking bencinya dengan micro, eee ternyata micro yang menjadikan nilai “A” dan menjadikan sarjana… salut…
    salam sukses mas rochman.. moga ilmunya bisa di tularkan sama kita semua…🙂

Leave a Reply

