Kabel Data In-System Programming (ISP) Atmel

Dalam pemrograman mikrokontroler MCS-51 dikenal dua macam teknik, yaitu parallel programming dan serial programming. Keterangan lebih rinci mengenai kedua teknik pemrograman tersebut dapat Anda lihat pada datasheet. Kali ini, penulis akan menyajikan teknik pemrograman serial In-System Programming (ISP). Dengan teknik ini, Anda tidak memerlukan modul downloader semisal DT-51 untuk memprogram, sehingga chip tidak perlu dibongkar pasang saat pemrograman berlangsung. Yang Anda perlukan hanya kabel ISP yang menghubungkan pin-pin pada chip mikrokontroler dengan port LPT1/LPT2 komputer Anda. Kabel ISP dapat dibuat dengan menghubungkan pin MOSI (P1.5), MISO (P1.6), SCK (P1.7), dan RST dengan pin 2, 10, 1, 17 pada LPT1/LPT2 komputer secara langsung (lihat datasheet chip untuk mengetahui konfigurasi pin). Namun, untuk menghindari rusaknya chip mikrokontroler akibat noise atau spoke tegangan tidak rata pada CPU komputer maka sebaiknya digunakan buffer 74LS244. Selama pemrograman, hubungkan pin VPP (pin 31) chip target dengan tegangan Vcc.

Hardware

Daftar Komponen

  • Konektor DB-25, ke port LPT komputer
  • Kabel paralel 10 jalur, kurang lebih 0,5 meter
  • Konektor header IDC 2×5, ke sistem mikrokontroler
  • IC buffer 74LS244
  • PCB titik, kurang lebih 5×5 cm

Software [Download]

Software yang dapat digunakan untuk pemrograman ISP dengan konfigurasi seperti di atas antara lain menggunakan Atmel MCU ISP Software. Software ini dapat Anda download secara gratis. Software ini berfungsi menyimpan file .hex ke dalam flash memory mikrokontroler seri AT89. Adapun langkah-langkah pemrogramannya antara lain:

  • Hubungkan konektor DB-25 kabel ISP pada port LPT1/LPT2 komputer dan hubungkan pula konektor IDC kabel ISP dengan konektor IDC pada sistem mikrokontroler.
  • Nyalakan komputer dan power supply yang men-catu sistem mikrokontroler.
  • Buka program Atmel MCU ISP Software.

  • Pilih port LPT yang Anda gunakan, dengan cara klik Option>Select Port.
  • Pilih tipe chip AT89 yang Anda gunakan, dengan cara klik Option>Select Device.
  • Inisialisasi target, dengan cara klik Option>Initialize Target.
  • Selanjutnya, jika inisialisasi berhasil, artinya chip telah online dan siap diprogram. Untuk awal pemrograman, sebaiknya pastikan chip dalam keadaan kosong, dengan cara klik Instructions>Erase Chip.
  • Selanjutnya, buka file .hex yang akan disimpan pada chip target, dengan cara klik File>Load Buffer.
  • Lakukan Auto programming, dengan cara klik Instructions>Auto Program. Tunggu hingga verifikasi program selesai.
  • Setelah pemrograman berhasil dilakukan, klik Instructions>Run Target untuk menjalankan program pada chip target. Pada kondisi ini, chip telah offline dengan software ISP meskipun masih terhubung dengan kabel ISP. Untuk memprogram kembali, lakukan inisialisasi seperti langkah di atas.

14 thoughts on “Kabel Data In-System Programming (ISP) Atmel

  1. saya sudah mencoba rangkaian tersebut pada saat awal saya bisa memprogram. selang 1 bulan saya coba untuk program baru (percobaan sederhana dengan tombol dan led) tapi gagal dan muncul pesan
    Program Verify errorr@ address 0000
    Data read = 00
    Prog data = 02
    karena beberapa kali gagal akhirnya saya coba program yang lama, akan tetapi tetap muncul pesan yang sama. Saya coba mengganti IC 89S51 dengan yang baru tetapi tetap dapat pesan yang sama. Bisakah anda membantu saya mengapa timbul pesan tersebut. Saya baru belajar mikrokontroller dan pemrograman jadi pengetahuan saya masih dangkal. terima kasih atas bantuannya

  2. Sebelumnya apakah Anda sudah mencoba langkah-langkah di atas? Pastikan kabel ISP terpasang dengan benar. Beri catu tegangan pada target. Jika Anda menggunakan soket IC atau papan protoboard, pastikan kaki2 IC terpasang dengan baik. Jangan lupa memilih tipe IC yang sesuai pada menu “select device” karena jika tidak maka pesan seperti tadi akan muncul.

  3. Mas, Saya lg belajar mikrokontroller. Punya PIC16f84A, Saya mamu membuat jam digital dengan UC tsb.
    Downloader utk UC tersebut gimana? Trus bagaimana skemanya dengan menggunakan lampu 7 segmen.

    terima kasih sebelumnya.

  4. G mana cara masang IC 74Ls244 nya ya??hehehe dan untuk kabel isp AT89S sama dengan pemasangan pada isp Mikrokontroler AVR ATmega128/64???

    • @ragun:
      konfigurasi kabel isp at89s (seri mcs-51) berbeda dengan kabel isp avr. Untuk kabel isp at89s menggunakan ic 74ls244, anda dapat menggunakan pcb titik, tinggal jumper2 saja kabel untuk wiringnya.

  5. Masalah yang saya hadapi juga sama seperti Bro JULINUR, saya telah berapa kali mengganti ic uC tapi hasilnya nihil, Gimana solusi nya??, mungkin kalo ada teman2 yang tahu??

  6. saya baru belajar mikrokontroler,dan sangat membutuhkan info-info tentang mikrokontroler .dengan membaca artikel ini menambah pengetahuan saya tentang mikrokontroler, harapan saya agar lebih banyak lagi artikel artikel yg ditampilkan.

  7. mas mau nanya,.. saya baru mau belajar program micro controler,.. tapi saya sudah menguasai beberapa pemrograman sebelumnya,…. untuk membuat bell sekolah yang di hubungkan dengan memori mmc atau flashdisk apa mengguakan ic atmel juga???

  8. Pingback: Software AT89ISP | ednoch

  9. mas bisa ga bantu saya, bisa ga beli
    Konektor DB-25
    Kabel paralel 10 jalur
    Konektor header IDC 2×5,
    ntar uangnya saya transfer, ditempat saya ga ada yang jual.
    klo mas mau bantu ni no hp saya 089691759557

    • Mas robi, kabel paralel ISP sudah ketinggalan jaman mas.. Harganya sih memang murah, tp kl pakai laptop gak akan bisa dipake ngprogram micro nya soalny laptop sekarang port nya cuma ada USB saja. Kalau mau mas beli saja ISP versi USB, bisa dijadikan port serial COM RS232 juga mas. Kebetulan sy jg jual harganya sy SMS kan ya mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s